Hadapi musim hujan bagi biker

     Inilah beberapa hal yang harus kita perhatikan saat musim hujan mulai datang, karena saat hujan bagi biker merupakan hal yang perlu ...

 
   Inilah beberapa hal yang harus kita perhatikan saat musim hujan mulai datang, karena saat hujan bagi biker merupakan hal yang perlu diwaspadai, apapun bisa terjadi pada diri kita ataupun pada motor kesayangan kita. Diberbagai daerah di indonesia saat musim hujan datang banyak terdapat titik-titik daerah rawan banjir, hal ini menjadi saat-saat yang tidak menyenangkan sekali bagi kita saat terjebak banjir pada waktu mengendarai motor kita. Bukan hal ini saja yang kita perhatikan saat musim hujan masih banyak hal yang patut kita perhatikan, dibawah ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, oke langsung saja ya kita uraikan satu persatu.

Persiapkan mantel atau jas hujan.
    Hal ini menjadi sangat-sangat penting bagi kita untuk membawanya, karena perlengkapan ini melindungi tubuh kita dari air hujan yang bisa membuat tubuh kita bisa sakit. Dan juga untuk meredam rasa dingin, yang ditimbulkan saat terjadi hujan, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Persiapkan motor kita selalu dalam kondisi layak pakai.
    Dimaksudkan motor yang kita gunakan dalam keadaan yang baik, contohnya kondisi ban depan maupun belakang tidak dalam kondisi gundul. Karena saat hujan permukaan jalan menjadi licin sangat berbahaya bila ban dalam kondisi gundul, efeknya sangat buruk bila kita melakukan pengereman mendadak pada kondisi ini, selanjutnya sistem penerangan yaitu lampu juga dalam kondisi baik, pada saat hujan terkadang jarak pandang kita terbatas namun bila sistem penerangan motor kita baik tentunya sangat membantu sekali. Dan tentunya diharapkan semua komponen motor dalam kondisi prima.

Waspadai daerah rawan banjir.
    Biasakan kita paham benar daerah yang akan kita lalui, karena ini sangat membantu untuk kita untuk menentukan rute perjalanan kita. Usahakan hindari banjir, jangan paksakan motor untuk menerjang banjir dikwatirkan motor menjadi mogok bila kita paksakan menerjang banjir. Sebaiknya kita mencari rute yang aman dari banjir biar jauh sedikit daripada kita nekat terjang banjir.


Waspadai jalan berlubang.
     Di indonesia khususnya masih banyak kita jumpai jalan-jalan berlubang disana-sini. Saat hujan lubang tersebut tertutup genangan air sehingga menyulitkan bagi kita untuk menghindarinya. Oleh karena itu sebaiknya kurangi kecepatan motor saat hujan, untuk mengantisipasi bila kita terpaksa menerjang lubang tersebut.
 
Waspadai pohon tumbang.
    Saat hujan disertai angin kencang bisa saja menumbangkan beberapa pohon, hal ini saat berbahaya sekali, namun sebaiknya saat hujan disertai angin besar sebaiknya kita menepi dan mencari daerah yang aman dari hujan.

Waspadai daerah yang berpotensi longsor.
     Untuk daerah yang berbukit saat hujan deras bisa saja terjadi longsor, oleh karena itu pemilihan rute yang baik sangat dianjurkan, hindari daerah yang mudah longsor. Siapun orangnya tidak mengkhendaki hal ini menimpa kita.

    Itulah hal-hal yang patut kita perhatkan saat berkendara diwaktu hujan, tentunya masih banyak hal lagi yang bisa menjadi acuan bagi kita seperti selalu mentaati peraturan lalulintas, menjaga stamina dan jangan lupa berdoa saat kita berkendara, namun sampai disini saja postingan kali ini mungkin agan dapat menambahkannya juga di kolom komentar untuk menambah wawasan bagi kita semua akhir kata semoga bermanfaat.



Posting Komentar

emo-but-icon

Populer

Pos Terbaru

Komentar

item