Mengenal transmisi motor

   
   Pada umunya transmisi pada motor itu terbagi oleh jenis tipe motor itu sendiri, ada tipe cub atau tipe bebek, tipe sport dan tipe matic.kali ini saya akan menguraikan secara singkat untuk tipe bebek.
    Pada sepeda motor terdapat rangkaian sistem transmisi yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar dan udara melalui beberapa rangkaian gigi untuk dapat memutar roda belakang sehingga motor dapat bergerak.

   Tentunya didalamnya terdapat rangkaian alat yang mempunyai fungsi tersendiri. Berikut bagian-bagian transmisi dan fungsi-fungsinya.

  • Mainshaft adalah poros gigi yang menghubungkan rangkaian kopling dengan gigi percepatan.
  • Countershaff adalah poros gigi yang mehubungkan gigi-gigi yang terdapat di mainshaft dengan gigi roda belakang.
  • Drum gearshift adalah merupakan alat untuk menentukan perpindahan gigi karena dibagian alat ini terdapat alur atau rel penentu posisi gigi.
  • Fork gearshift kiri dan kanan berfungsu untuk memindahkan gigi sesuai putaran yang dihasilkan di drum gearshift.
  • Spindle com merupakan poros penerus putaran yang dihasilkan oleh pedal koling untuk memutarkan drum gearshift.
     Di poros atau gigi mainshaft dan gigi countershaft terdapat gigi-gigi yang terdiri gigi mati, gigi mati geser, dan gigi bebas.

     Gigi mati yaitu gigi yang mengikuti gerakan memutar sesuai gerakan poros gigi. Sedangkan gigi mati geser persis seperti uraian diatas hanya saja gigi ini bisa bergeser di poros gigi.


     Lain halnya dengan gigi bebas gigi ini dapat berputar diporos gigi. Berikut penampakan dari uraian diatas semoga bisa menjadi pembuka wawasan kita semua, terima kasih.


Related

informasi otomotif 7654049516642200532

Posting Komentar

  1. Mau info perawatan mudah kendaraan anda ?
    Cek disini sekarang : https://janwararifin94.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus

emo-but-icon

Populer

Pos Terbaru

Komentar

item