Mengenal transmisi motor

   
   Pada umunya transmisi pada motor itu terbagi oleh jenis tipe motor itu sendiri, ada tipe cub atau tipe bebek, tipe sport dan tipe matic.kali ini saya akan menguraikan secara singkat untuk tipe bebek.
    Pada sepeda motor terdapat rangkaian sistem transmisi yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar dan udara melalui beberapa rangkaian gigi untuk dapat memutar roda belakang sehingga motor dapat bergerak.

   Tentunya didalamnya terdapat rangkaian alat yang mempunyai fungsi tersendiri. Berikut bagian-bagian transmisi dan fungsi-fungsinya.

  • Mainshaft adalah poros gigi yang menghubungkan rangkaian kopling dengan gigi percepatan.
  • Countershaff adalah poros gigi yang mehubungkan gigi-gigi yang terdapat di mainshaft dengan gigi roda belakang.
  • Drum gearshift adalah merupakan alat untuk menentukan perpindahan gigi karena dibagian alat ini terdapat alur atau rel penentu posisi gigi.
  • Fork gearshift kiri dan kanan berfungsu untuk memindahkan gigi sesuai putaran yang dihasilkan di drum gearshift.
  • Spindle com merupakan poros penerus putaran yang dihasilkan oleh pedal koling untuk memutarkan drum gearshift.
     Di poros atau gigi mainshaft dan gigi countershaft terdapat gigi-gigi yang terdiri gigi mati, gigi mati geser, dan gigi bebas.

     Gigi mati yaitu gigi yang mengikuti gerakan memutar sesuai gerakan poros gigi. Sedangkan gigi mati geser persis seperti uraian diatas hanya saja gigi ini bisa bergeser di poros gigi.


     Lain halnya dengan gigi bebas gigi ini dapat berputar diporos gigi. Berikut penampakan dari uraian diatas semoga bisa menjadi pembuka wawasan kita semua, terima kasih.


Related

informasi otomotif 7654049516642200532
Posting Lebih Baru Part catalog blade

Posting Komentar

  1. Mau info perawatan mudah kendaraan anda ?
    Cek disini sekarang : https://janwararifin94.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus

emo-but-icon
:noprob:
:smile:
:shy:
:trope:
:sneered:
:happy:
:escort:
:rapt:
:love:
:heart:
:angry:
:hate:
:sad:
:sigh:
:disappointed:
:cry:
:fear:
:surprise:
:unbelieve:
:shit:
:like:
:dislike:
:clap:
:cuff:
:fist:
:ok:
:file:
:link:
:place:
:contact:

PopulerPos TerbaruKomentar

Populer

Pos Terbaru

Komentar

Blog Otomotif dan Motor Matic:

Mungkin karena gk pernah ganti oli gardang, bisa jadi salah satu penyebab CVT pada motor maticnya jadi bermasalah. Tapi itu kondisinya udah parah bener ya!? Kebanyakan pengguna motor matic punya pemah...

Anonymous:

Min sya pnya cbr 250r dan penyakinya sama cmn fullpam tank gak bunyi?Apa itu jga dri dioda di kontak? Mohon solusi nya

Anonymous:

Cara atur langsam yg ideal biar pas di putaran 16000rpm pada honda all new beat 2020,tanpa menggunakan alat tachometer

Anonymous:

Pak bos mohon imfonya cbr 250r abs sya ga mau hidup hanya cengengesan aja padahal dioda zener udah di ganti dan coil ga ada memercikan api bagaimana caranya agar bisa hidup

Anonymous:

Dimana letak map sensor pada kereta cbr 150r?

item