CBR 250 R ABS MOGOK

   Diiringi hujan yang menguyur kab. Bogor dan musik dari pc jadul milik kakak sepupuku, mengalun better man milik Robbie williams dan d...



   Diiringi hujan yang menguyur kab. Bogor dan musik dari pc jadul milik kakak sepupuku, mengalun better man milik Robbie williams dan ditemani secangkir kopi panas dan sebatang rokok terkenang kembali saat pagi hari merepair CBR 250 R ABS yang mogok, kali ini saya akan menceritakannya untuk sekedar bahan pertimbangan saat bila kita menemukan trouble seperti judul postingan tersebut diatas. oke langsung saja kita simak apa yang saya temukan di motor ini.

     Si mpunya motor mengeluhkan motor kesayangannya tidak dapat hidup walau sudah distater terus menerus hingga baterai atau accu motornya tekor. Akhirnya beliau menyerah dan datanglah beliau membawa motornya ke bengkel, singkat cerita langsung saya bongkar semua cover motor CBR ini yang lumayan ribet, dan tidak lupa mencas kembali aki yang pastinya telah lemah, setelah kembali aki penuh barulah ketahap berikutnya yaitu mencari masalah yang membuat motor ini gagal fungsi alias mogok, seperti yang kita ketahui untuk persyaratan motor hidup itu ada tiga hal yang utama yaitu, pertama sistem pengapian bekerja dengan baik, kedua sistem bahan bakar berfungsi baik, dan yang ketiga yaitu sistem kompresi tidak terjadi kebocoran. setelah dilakukan pengecekan terhadap ketiga sistem tersebut yang tidak bekerja dengan baik cuma sistem pengapian yang lainnya oke semua, akhirnya saya fokuskan pada sistem pengapiannya yang bermasalah karena busi tidak memercikan bunga api, senjata andalan pun dikeluarkan yaitu avometer. saya biasa menggunakan yang tipe digital karena mudah membacanya dan tentunya lebih akurat daripada yang tipe analog. yang pertama saya cek voltase aki, selanjutnya saya cek sekering atau fuse pada motor yang terintrigasi pada sistem pengapian, semuanya oke, ke tahap selanjutnya saya periksa semua komponen pengapian dan semua oke termasuk kontinutas kabel dan  nilai voltase pada semua komponen pengapian, waduh bingung juga akhirnya karena semua bekerja dengan baik, ukur sana sini pun tak dapat mencari penyebab matinya motor ini, di saat telah buntu alhamdulilah teringat kembali pesan instruktur pada waktu saya mengikuti training di main dealer Jawa barat bahwa pada motor CBR 250 R terdapat pengaman pada kunci kontak yang berupa dioda zener, dioda ini akan putus bila terjadi konsleting pada bagian kunci kontak, langsung saja saya bongkar bagian depan motor dimana kunci kontak ini terpasang, dan ternyata benar juga dioda yang terpasang di bagian bawah kunci kontak ini putus, jadi kesimpulannya kunci kontak bermasalah dan harus diganti, namun harganya pun lumayan mahal, berhubung si empunya motor sedang terburu-buru akhirnya diodanya saja yang diganti, karena kalo kita hendak menganti kunci kontak harus mesan terlebih dahulu dan tentunya butuh waktu. Dioda ini banyak terdapat di toko komponen elektronik dan harganya pun lumayan murah, ukuran dioda ini sekitar 3,9 volt, setelah disolder kembali dengan dioda yang baru kunci kontak saya pasangkan kembali dan akhirnya motor kembali berfungsi normal.
     untuk sedikit masukan saja motor ini jangan dipasangi dengan perangkat yang bukan semestinya seperti alarm atau lainnya, dikhawatirkan terjadi konsleting pada diodanya, yang pada akhirnya membuat motor ini gagal berfungsi. Itulah yang terjadi pagi hari ini, bersyukur motornya dapat digunakan kembali dan si empunya pun gembira kembali, cukup membahagiakan bila kita bisa membuat orang lain senang hatinya, dan pada kesempatan yang lain saya akan mencoba membahas cara atau tahapan untuk melakukan tahapan pengecekan sistem kelistrikan pada motor.
     Hujan pun semakin deras dan malam pun semakin larut, saatnya memberi hak pada tubuh untuk beristirahat dan tentunya esok hari telah menunggu untuk kita warnai dengan berbagai aktivitas, jumpa kembali pada postingan berikutnya selamat malam bogor, selamat malam indonesia semoga hari esok lebih baik daripada hari ini, dahhhhh.

Related

troubleshoting 5782150757987615856

Posting Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Gan,mohon bantuannya..
    Ini cbr 250r saya kunci kontaknya patah didalam kontak,gimna caranya ya gan biar hidup,posisi saya malam susah dpet bengkel terdekat

    BalasHapus
  3. Mohon maaf baru bisa balas, karena hp saya baru bisa hidup kembali, sepengetahuan saya cbr 200 r tidak bisa dijemper langsung dalam keadaan darurat, karena ada dioda didalam kunci kontaknya mas.

    BalasHapus
  4. Selamat malam bos mau tanya nih seputar motor CBR,sekringnya putus begitu saya kontak,lampu Abs nya kedip2 terus kira-kira apanya yg konslet ya

    BalasHapus
  5. salam sore om. mau nanya ni. cbr sya pertma dinyalakan kontaknya hidup. pas sya pencet staternya tiba2 mati gan dan g mau nyala lagi kontaknya. kira2 apanya yg bermasalah ya itu? makasih jawabannya gan sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dr pengalaman saya, aki nya pak. CMIIW ya, cuman berdasar data kasar aja..

      Hapus
  6. 1 lagi gan. motr sya g pake engkol jadi susah mau diapain g tau lagi gan selain muter2 kontaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak ane nih kasusnya gimana gan skrang dah nyala kah..?? apa penyebabnya gan... mohon bantuanya kasusnya sama... motor sya cbr 250r

      Hapus
  7. Di EDEN POKER kamu akan banyak mendapatkan banyak kesempatan meraih uang ratusan juta rupiah
    Lgi banyak yang hoki nih,Ayo deposit ya dan withdraw yang sebanyak2 nya

    BalasHapus
  8. Terima kasih infonya Mas...CBR sy kyknya mulai gejala2 bbrp kali mati sendiri, kunci kontak di off..trus di on lg baru mau nyala. Posisi diodanya buka bagian bawah kunci atau harus bongkar kunci lepas dari segitiga stang? Terima kasih 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  9. Mas kenapa motor cbr saya . Hidu sebentar trus tiba tiba mati di hidupkan lagi hidup trus mati.

    BalasHapus
  10. Pak bos mohon info nya motor saya kunci kontak nya patah trus saya sambungkan kabel kontak nya ngk bisa hidup apa bener itu dioda nya yg pitus mohon pebjelasan nya

    BalasHapus
  11. Pak bos mohon info nya motor saya kunci kontak nya patah trus saya sambungkan kabel kontak nya ngk bisa hidup apa bener itu dioda nya yg pitus mohon pebjelasan nya

    BalasHapus
  12. Pak bos mohon imfonya cbr 250r abs sya ga mau hidup hanya cengengesan aja padahal dioda zener udah di ganti dan coil ga ada memercikan api bagaimana caranya agar bisa hidup

    BalasHapus
  13. Min sya pnya cbr 250r dan penyakinya sama cmn fullpam tank gak bunyi?
    Apa itu jga dri dioda di kontak? Mohon solusi nya

    BalasHapus

emo-but-icon

Populer

Pos Terbaru

Komentar

item