mudik aman dengan motor

     Lebaran tinggal berapa bulan lagi, hal yang lazim bagi perantau untuk melakukan perjalanan mudik guna bisa berlebaran dikampung ha...

 


   Lebaran tinggal berapa bulan lagi, hal yang lazim bagi perantau untuk melakukan perjalanan mudik guna bisa berlebaran dikampung halaman. Dengan menggunakan berbagai sarana transportasi baik umum maupun pribadi menuju kampung halaman dan tidak sedikit pula yang menggunakan kendaraan roda dua.
     Mudik dengan motor emang terbilang cepat dan murah, namun cukup beresiko, kecelakaan bisa saja terjadi dikarenakan faktor manusia itu sendiri ataupun dari faktor yang disebabkan oleh kendaraannya, oleh karena itu mudik dengan motor tidak dianjurkan, namun apabila tidak ada pilihan lain terpaksa kita mudik menggunakan motor. Kali ini saya akan membahas apa saja yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan keberangkatan kita menuju kampung halaman, tips ini saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri selama ini, saya hampir tiap bulan saat libur pulang ke kampung halaman, banyak hal yang terjadi selama perjalanan pulang ke kota kelahiran saya yang mungkin bisa kita jadi kan bahan masukan bagi kita . Oke langsung saja yang harus kita persiapkan agar kita aman mudik sampai kampung halaman.


Persiapkan kondisi badan, hindari melakukan perjalanan panjang menggunakan motor apabila kondisi badan kita kurang baik, kurang tidur, dan dalam kondisi kelelahan karena cukup berbahaya sekali bila hal ini kita paksakan, pernah sekali saya hampir menabrak jembatan kereta api yang berada di daerah jatibarang indramayu saat itu saya terserang kantuk berat alhamdulillah saya masih bisa mengontrol laju motor saya dan musibah dapat dihindari.


Siapkan perlengkapan motor seperti, surat-surat kendaraan bermotor, sim, dan jas hujan. Dan tentunya jaket dan helm terutama.


Siapkan kendaraan dengan baik, kondisi motor tentunya layak jalan, roda dalam keadaan baik tidak botak, lampu-lampu harus berfungsi semua, rem depan dan kanan dalam kondisi bagus, spion terpasang, ampere bensin normal, rantai atau v belt dalam kondisi baik, klakson berfungsi, dan bantalan kemudi atau komstir dalam kondisi baik, dan tentu juga kondisi mesin dalam keadaan baik. Cerita sedikit saya pernah mengalami pecah ban dan putus rantai saat pulang mudik waktu itu malam hari tentunya sangat susah mendapat bantuan saat malam hari kalau pun ada biaya yang kita keluarkan sangatlah besar, untuk menyambung rantai saya harus keluar uang Rp. 100 ribu berikut ongkos ojek dan ongkos bengkelnya lumayan mahal, mereka beralasan sudah malam, dan kalo sudah begini apa boleh buat.
Untuk itu sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya kita service kan terlebih dahulu motor kita agar hal seperti yang saya alami tidak terjadi.



Hindari perjalanan malam hari, karena malam hari jarak pandang kita terbatas, rawan kejahatan, dan kita harus extra waspada terhadap jalan yang berlubang, namun bila terpaksa harus melakukan perjalanan malam hari usahakan berombongan agar pelaku begal tidak berani karena melihat kita banyak, hindari berhenti ditempat yang gelap, bila kita hendak beristirahat carilah pom bensin, atau tempat peristrahatan yang layak utamakan yang ada cctv karena begal menghindari tempat-tempat yang terpasang cctv, atau kantor-kantor polisi terdekat.



Patuhilah rambu-rambu lalu lintas, ini sudah pasti kita harus lakukan karena jika kita melanggar selain kena sangsi pastinya juga akan mengakibatkan kecelakaan bagi kita maupun orang lain  jadi hal ini wajib diperhatikan dengan baik.

Jangan membawa beban berlebihan, membawa oleh-oleh buat dikampung emang bisa membuat keluarga senang, namun sebaiknya jangan sampai kita kerepotan nantinya, cukup bawa sesuatu secukupnya agar kita dapat mengontrol laju motor dengan baik jika kita membawa sesuatu berlebihan tentunya kita agak sukar mengendalikan laju motor karena ruang gerak tangan ataupun kaki menjadi terbatas.

Dan yang terakhir, siapkan bahan bakar didalam tangki bensin motor kita dalam keadaan full agar kita tidak kehabisan bensin saat diperjalanan.


     Dari persiapan-persiapan tersebut diatas menurut saya bila kita ikuti cukup membantu kita agar dapat aman sanpai kampung halaman, dan yang terpenting jangan lupa kita serahkan segalanya pada pencipta dengan berdoa tentunya. Semoga mudik kita lebaran mendatang terhindar dari marabahaya dan selalu diberkahi oleh Allah, amien


Posting Komentar

emo-but-icon

Populer

Pos Terbaru

Komentar

item