Waspadai Hal Sepele

    Hal penting yang dianggap sepele      Selamat malam indonesia. Jumpa lagi dengan saya yang selalu ingin berbagi kepada siapapun yan...

   
Hal penting yang dianggap sepele
     Selamat malam indonesia. Jumpa lagi dengan saya yang selalu ingin berbagi kepada siapapun yang membutuhkan sesuai dengan apa yang saya dapat dari pelatihan maupun yang saya dapat dari pengalaman saya ataupun orang lain. Kali ini saya akan mencoba sedikit berbagi tentang hal sepela yang tak kita sadari tapi membuat kita sendiri yang repot akibat hal yang ditimbulkannya, yang tentunya masih diseputar motor.

     Pagi tadi seperti biasa seperti hari-hati yang lain saya masih berkutat dengan pekerjaan, saat itu saya masih mengerjakan turun mesin yang kemarin belum selesai, datang seorang pemilik motor sonic 150 FI mengeluhkan motornya saat dipacu sekitar 50 km/ jam motornya mengalami penurunan power, namun tidak sampai mengalami mogok dan itu terus menerus terjadi.

Wah masalah unik menurut saya, langsung saja saya melakukan pengecekan pada motornya baik sistem pengapian, dan kompresinya semua oke, bahkan saya pun mengecek sistem PGM-FI pun tak terjadi masalah disistem tersebut, dan ternyata dugaan saya benar ada masalah di sistem bahan bakarnya seperti kita maklumi bersama jika saringan udara masih termasuk dalam sistem bahan bakar, apa yang saya temukan pada motor sonic ini yang menjadi penyebab turunnya peforma motor hanya disebabkan oleh tersumbatnya saluran filter udara, di saluran filter udara, saya temukan karet bekas ban dalam yang dipotong sebagai tali pengikat berada dekat dengan saluran filter udara, asumsi saya pada saat motor dipacu sekitar 50 km/jam si karet tersebut tertarik oleh hisapan mesin sehingga motor mengalami penurunan peforma.
   
 Ternyata sepele banget, hanya cuma tali karet yang tersimpan dekat lubang saluran filter udara mampu membuat peforma menurun, dan yang tidak kita sadari ternyata di cover penutup filter udara ada stiker yang menyarankan untuk tidak menyimpan sesuatu barang seperti lap, kertas atau apapun itu yang dapat terhisap saluran udara tetsebut, sudah sangat jelas dan gamblang, sepertinya bukan hal ini saja hal sepele yang bisa membuat kita repot ternyata kita kadang selalu melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.

Tali Karet yang menyumpal 
Seperti memasang rangkaian variasi lampu, klakson, atau apapun yang ternyata jika kita salah memasang bisa membuat aki motor ngedrop, atau kita memasang pelindung radiator yang banyak dijumpai di toko-toko variasi, alih-alih kita berharap radiator motor kita terlindung justru malah membuat masalah baru, karena radiator yang menggunakan penutup pelindung variasi yang terbuat dari plat tipis tersebut menghalangi kisi-kisi penangkap angin, radiator tidak terbantu oleh udara yang diterima oleh angin paksa saat motor berjalan, sehingga suhu yang berada diradiator semakin panas, akibatnya kipas pendingin radiator bekerja terus menerus. Seharusnya kipas berhenti bekerja saat suhu mesin berada di kisaran 104 derajat, baling-baling kipas terbuat dari plastik, jika terus menerus berputar tentunya kipas pun panas akhirnya baling-baling kipas meleleh tepat di tengahnya alhasil walaupun motor kipas bekerja baling-baling tidak dapat berputar hasilnya suhu mesin akan semakin panas bisa jadi overheating, susah juga akhirnya.  

     Kadang pula kita pun suka memanaskan mesin berlama-lama padahal dengan memanaskan mesin berlama-lama justru kurang baik, karena mesin tidak mendapat bantuan pendinginan dari udara saat posisi motor diam ditempat, memanaskan mesin cukup hanya beberapa menit saja hingga oli sudah naik menjangkau bagian-bagian mesin.
     Sepela memang namun justru lambat laun menjadi masalah kelak, hemat saya sebaiknya kita mencari referensi jika kita akan melakukan hal apapun pada motor kita, kitapun boleh bertanya pada mekanik saat kita melakukan service hal-hal apa saja yang boleh kita lakukan agar kita tidak salah memperlakukan motor kesayangan kita supaya motor kita selalu lancar jaya menemani setiap aktivitas kita , dan saya berharap postingan ini bermanfaat, amien.

Related

informasi otomotif 2417020282048798476

Posting Komentar

emo-but-icon

Populer

Pos Terbaru

Komentar

item